Rabu, 26 Desember 2012

Kopi, Melindungi Perempuan dari Kanker Endometrium

   
Konsumsi kopi dalam jangka panjang diketahui dapat menurunkan risiko kanker endometrium (dinding dalam rahim). Pernyataan ini ditulis dalam sebuah artikel jurnal Cancer Epidemiology, Biomarkers & Prevention, sebuah media terbatas yang diterbitkan oleh American Association for Cancer Research.
Penulis artikel tersebut adalah Edward Giovannucci, M.D., Sc.D., seorang profesor di bidang nutrisi dan epidemiologi dari Harvard School of Public Health, USA. Di dalam artikelnya Edward menjelaskan bahwa ia dan koleganya telah meneliti dampak konsumsi kopi para respondennya yang terdiri dari 67.470 perempuan.

Penelitiannya ini berawal dari sebuah fakta bahwa kopi ternyata baik dikonsumsi oleh pengidap Diabetes Melitus, karena bereaksi aktif memroduksi insulin. Bersama kelompok penelitinya, Edward kemudian mengembangkan dugaan sementara bahwa mestinya kopi juga dapat bereaksi positif terhadap gejala tertentu yang dipicu oleh estrogen, hormon dominan yang terdapat dalam tubuh perempuan.
Demi membuktikan hipotesanya itu, Edward yang dibantu sekelompok peneliti melakukan pengamatan dan penelitian selama 26 tahun, terhadap 672 kasus kanker endometrium. Kemudian diketahui bahwa kebiasaan minum lebih dari 4 cangkir kopi per hari dapat meminimalkan 25% risiko kanker endometrium, sedangkan perempuan yang  mengonsumsi 2-3 cangkir per hari, berkurang 7% risiko mengalami kanker tersebut. Jika responden memilih untuk mengonsumsi kopi jenis decaffeinated (dihilangkan kadar kafeinnya) lebih dari 2 cangkir sehari, maka risiko kanker endometrium mereka berkurang hingga 22%.

Edward mengatakan dia berharap penelitian ini akan memicu penelitian lanjutan tentang dampak kopi terhadap berbagai jenis kanker. Tetapi dalam artikel tersebut, Edward menjelaskan bahwa umumnya kebiasaan mengonsumsi kopi selalu berhubungan dengan kebiasaan merokok. Jika seorang perempuan memiliki kedua kebiasaan tersebut, maka manfaat positif kopi akan hilang karena dampak negatif rokok.

sumber: https://www.menstruasi.com/node/9032

Tidak ada komentar:

Posting Komentar